Menerima Kunjungan SMAN 1 Lempuing

Sebagaimana tugas menerima tamu sekolah menengah atas, madrasah aliyah atau pondok pesantren lainnya, Selasa 17 Juni 2014 lalu saya kembali mendapat giliran menyampaikan presentasi tentang Universitas Islam Indonesia (UII). Kali ini tamu yang datang adalah rombongan SMAN 1 Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Propinsi Sumatera Selatan. Rombongan yang berjumlah 70-an orang siswa dan guru pendamping ini diterima di Lantai 2 Gedung Kuliah Umum Prof. dr. Sardjito, M.P.H. Kegiatan penerimaan ini diorganisasi oleh tim dari Direktorat Pemasaran, Kerjasama, dan Alumni (DPKA) UII.

Penyambutan SMAN 1 Lempuing di GKU Prof. dr. Sardjito, M.P.H.

Penyambutan SMAN 1 Lempuing di GKU Prof. dr. Sardjito, M.P.H.

Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, S.H., M.H., berkesempatan menerima secara langsung kunjungan ini sekaligus menyambut rombongan. Dalam sambutannya, Wakil Rektor III antara lain menandaskan bahwa keluarga besar UII senantiasa menerima dengan tangan terbuka kedatangan tamu-tamu calon mahasiswa dari Sumatera karena memang banyak sekali mahasiswa, alumni, pegawai dan dosen bahkan pimpinan universitas yang berasal dari pulau berjuluk Andalas tersebut. Sejumlah perkembangan di UII juga disampaikan oleh Wakil Rektor III UII dalam sambutannya, termasuk prestasi terakhir.

Sambutan Wakil Rektor III UII kemudian dibalas dengan sambutan pimpinan rombongan SMAN 1 Lempuing, Drs. Harmen, M.Si. Pimpinan rombongan yang juga adalah kepala sekolah tersebut menyatakan apresiasinya yang mendalam kepada UII yang telah ia ketahui kualitasnya. Sampai saat ini memang belum ada alumni SMAN 1 Lempuing yang menjadi mahasiswa UII. Namun sekolah yang dipimpinnya pada masa sebelumnya, yaitu SMAN 1 Lempuing Jaya, telah memiliki alumni yang kuliah di UII, dan alumni tersebut menurut pimpinan rombongan telah banyak menunjukkan prestasi membanggakan bagi sekolahnya dan menjadi kader yang mengarahkan adik-adiknya untuk masuk ke UII.

Wakil Rektor III UII Saat Memberikan Sambutan pada Kunjungan SMAN 1 Lempuing

Wakil Rektor III UII Saat Memberikan Sambutan pada Kunjungan SMAN 1 Lempuing

Pimpinan rombongan SMAN 1 Lempuing juga menyampaikan bahwa sekolahnya berharap UII yang saat ini telah memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai A dapat memberi ruang bagi para siswanya untuk menempuh pendidikan tinggi. Hal ini disampaikan pimpinan rombongan mengingat kualitas pendidikan di Indonesia yang belum merata, terutama di daerah-daerah pemekaran atau daerah terpencil.

Menanggapi harapan pimpinan rombongan, Wakil Rektor III UII menyampaikan bahwa UII memiliki misi yang jauh ke depan untuk mencetak para pemimpin bangsa berkualitas. Upaya ini dilakukan antara lain dengan peningkatan kualitas seleksi dan proses belajar mengajar. Oleh karenanya Wakil Rektor III UII menganjurkan para siswa yang ingin masuk UII untuk mencoba sejumlah ujian masuk yang saat ini sudah ada yaitu melalui tes tertulis (PBT), tes komputer (CBT) maupun prestasi (PSB). Masing-masing tes memberikan peluang masuk UII lebih besar karena hasil ujian akan disesuaikan dengan kemampuan akademik para siswa.

Wakil Rektor III UII Menerima Cindera Mata dari Kepala SMAN 1 Lempuing Berupa Patung Gajah

Wakil Rektor III UII Menerima Cindera Mata dari Kepala SMAN 1 Lempuing Berupa Patung Gajah

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan serah terima cindera mata antara UII dan SMAN 1 Lempuing, sebelum dilanjutkan pemaparan mengenai UII secara umum dan mekanisme seleksi yang digunakan selama ini. Dalam paparan yang saya sampaikan ini, kehidupan di Jogja sebagai kota pelajar dan biaya hidup yang dibutuhkan juga dijelaskan. Secara umum, para siswa menerima dengan baik presentasi singkat ini dan bagi mereka, karena berasal dari daerah penghasil karet dan kopi, biaya hidup di Jogja dan kuliah di UII dianggap relatif terjangkau. Seleksi masuk dan persaingan di dalamnyalah yang menjadi perhatian utama mereka. Karenanya sejumlah pertanyaan yang muncul justru berkaitan dengan ujian masuk dan syarat-syarat pada sejumlah program studi favorit.

Penyampaian Presentasi tentang UII kepada Siswa dan Guru SMAN 1 Lempuing

Penyampaian Presentasi tentang UII kepada Siswa dan Guru SMAN 1 Lempuing

Selesai presentasi dan tanya jawab, rombongan meninggalkan UII untuk melanjutkan perjalanan yang kali ini akan diteruskan menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Album foto kunjungan ini dapat dilihat pada link ini.

Tags: , , , , , ,

Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *